Sunday, October 16, 2011

Perekrutan dan Perencanaan Tenaga Kerja

Perencanaan
      Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja (Preparation and selection) Persiapan. Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan/forecast akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, waktu, dan lain sebagainya. Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasa tenaga kerja, dan lain sebagainya

Rekrutmen dan Seleksi
I. Rekrutmen tenaga kerja/Recruitment.
      Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperlukan analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan/job description dan juga spesifikasi pekerjaan/job specification.

Kegiatan pokok yang merupakan bagian dari rekrutmen adalah:
·                     Menentukan kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan dalam hal jenis pekerjaan dan levelnya dalam perusahaan.
·                     Berupaya mendapatkan informasi mengenai perkembangan  kondisi pasar tenaga kerja.
·                     Menyusun bahan-bahan rekruitmen yang efektif.
·                     Menyusun program rekrutmen yang sistematis dan terpadu yang berhubungan dengan kegiatan SDM  lain dengan kerjasama antara manajer lini dan karyawan. 
·                     Mendapat pool calon karyawan yang berbobot  atau memenuhi syarat
·                     Mencatat jumlah dan kualitas pelamar dari berbagai sumber dan masing-masing metode rekruitmen
·                     Melakukan tindak lanjut terhadap para calon karyawan baik yang diterima maupun yang ditolak, guna mengevaluasi efektif tidaknya rekruitmen yang dilakukan.

Tujuan dan arti penting rekrutmen adalah:
·                     Agar konsisten dengan strategi, wawasan dan nilai perusahaan.
·                     Untuk menentukan kebutuhan rekruitmen perusahaan dimasa sekarang dan yang akan datang berkaitan dengan perubahan perusahaan, perencanaan SDM,  desain pekerjaan dan analisis jabatan.
·                     Untuk mendukung inisiatif perusahaan dalam mengelola tenaga kerja yang beragam.
·                     Untuk membantu meningkatkan keberhasilan proses seleksi dengan mengurangi calon karyawan yang sudah jelas tidak memenuhi syarat atau yang terlalu tinggi kualifikasinya.
·                     Untuk membantu mengurangi kemungkinan keluarnya karyawan yang belum lama bekerja.
·                     Untuk mengkoordinasikan upaya rekruitmen dengan program seleksi dan pelatihan.

II. Seleksi tenaga kerja/Selection.
      Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Tahap awal yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah melihat daftar riwayat hidup/cv/curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja/interview dan proses seleksi lainnya.

Seleksi merupakan suatu proses mengumpulkan informasi untuk mengevaluasi dan menentukan siapa yang harus dipekerjakan, sesuai dengan petunjuk yang legal, untuk kepentingan jangka pendek dan jangka panjang, baik untuk individu maupun organisasi.(Schuler, 1987).

Seleksi adalah proses pembuatan keputusan memilih seseorang untuk mengisi suatu posisi pekerjaan atas dasar kesesuaian karakteristik individu dengan kebutuhan posisi pekerjaan tersebut.(Castetter, 1996).

Tujuan dan Pentingnya Seleksi (Schuler, 1987) :
·                     Kontribusi bagi kelangsungan hidup organsasi
·                     Adil, Legal dan tidak diskriminatif dalam mengangkat pegawai
·                     Membantu menyelesaikan fungsi MSDM
·                     Mengevaluasi, mengangkat, dan menempatkan pelamar pada tempat yang tepat
·                     Membantu memenuhi tujuan perekrutan dan jadwal yang ditetapkan dalam program-program tindakan afirmatif
·                     Menjadikan keputusan seleksi dan penempatan sesuai dengan karakteristik organisasi


Sumber    : http://indexof911.blogspot.com/2011/10/perekrutan-dan-perencanaan-tenaga-kerja.html

No comments:

Post a Comment