Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Komputer harus didukung oleh tampilan yang dapat memudahkan pemakainya dalam memahami informasi yang ditampilkan, berupa gambar, citra, bentuk-bentuk dan model yang mengabstraksi dari sebuah bentuk riil dan mudah diingat.
Model grafik adalah suatu model yang penggambaran entitasnya menggunakan sejumlah garis, simbol, atau bentuk disebut model grafik.
Beberapa definisi tentang grafik adalah sebagai berikut:
- Titik ( Point ) atau dalam istilah komputer dikenal dengan pixel ( picture element ) adalah elemen terkecil dari sebuah gambar atau pola dalam tampilan komputer. Kumpulan dari pixel membentuk sebuah gambar atau pola yang dapat dikenali dalam variasi warna dan jumlah yang banyak. Kumpulan pixel dalam jumlah panjang dan lebar tertentu disebut dengan resolusi.
- Garis ( Line ) yaitu dua titik yang dihubungkan membentuk garis lurus.
- Vertex yaitu Titik pada 3D.
- Edge yaitu Garis pada 3D yang menghubungkan 2 vertex.
- Polygon / Face / Facet yaitu bangun sembarang yang terbentuk dari vertex-vertex yang terhubung. Merupakan unit fundamental dari grafik komputer 3D.
- Raster, berasal dari sistem TV yang menggunakan kolom pixel. Keuntungannya adalah dapat menggambar benda (model) seperti dunia nyata dengan banyak variasi warna. Namun raster juga memiliki kekurangan yaitu memakan ukuran memory yang besar dan jika di perbesar, gambarnya pecah.
Konsep Dasar Komputer Grafik
Grafik Komputer adalah penggunaan komputer untuk menghaasilkan gambar visual. Pada umumnya, format garfika komputer meliputi GIF, dan JPEG, untuk gambar tunggal , dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe.
Kegunaan-kegunaan grafik komputer di berbagai bidang :
1. Seni, hiburan, dan periklanan
2. Pemantauan proses
3. Simulasi tampilan
4. Komputer-aided design
5. Analisi dan visualisasi scientific
Sumber : Wikipedia dan zev-kaka.blogspot.com
No comments:
Post a Comment