Wednesday, December 22, 2010

Pembuatan Animasi menggunakan Blender



Berikut saya tuliskan sedikit tentang tahapan dalam pembuatan objek pada BLENDER mulai dari awal .

1.    Buka program dengan klik start kemudian pilih blender

2.    Pilih menu user preferences agar kita dapat mengerjakan sesuatu pada blender setelah muncul,

3.       Pada View rotation aktifkan auto perspektif kita dapat melihat tampilan objek yang kita buat sesuai keinginan kita dengan klik kanan pada garis perpaduan menu dengan tanda arah tanda panah atas dan bawah kemudian pilih split area kemudian klik kanan pilih join area.

4.       Kita membuat objek dasar 3d yang ada pada blender dengan cara pilih menu add pilih mesh
Misalkan cube (untuk membuat objek bentuk kubus).

5.       Jika kita akan menggeser objek atau memindahkan objek pastikan pada posisi objek mode dan apabila akan mengedit objek kita pilih edit mode.

6.       Mengedit objek untuk dijadikan objek yang akan kita bentuk dengan cara klik kanan pada objek dengan cara mode objek dijadikan sebagai edit mode kemudian pilih bagian yang akan diedit.

7.       Mengedit objek untuk dijadikan objek yang akan kita bentuk dengan cara klik kanan pada objek dengan cara mode objek dijadikan sebagai edit mode kemudian pilih bagian yang akan diedit.

8.       Untuk melihat hasil yang telah kita buat kita render project kita dengan memilih menu render kemudian pilih render current frame atau ktik F12 pada keyboard.

9.       Render pada blender ini merupakan tampilan hasil kamera view sehingga agar hasil render sesuai dengan yang kita harapkan maka perlu di set posisi cameranya dengan menggeser camera sesuai posisi yang diinginkan ( ingat posisi yang akan terekam adalah yang tampil pada kotak terkecil tampilan sebelah kiri dibawah ini ).

10.   Maka tampilan render akan muncul objek terlihat penuh.


11.   Simpan projek kita dalam bentuk file .blend dengan pilih menu file klik save as beri nama file.

12.   Mengganti warna objek dengan cara pilih objek kemudian klik material button pilih color enter kemudian render kembali.

13.  Simpan hasil render pada computer dengan extensi file .jpeg atau yang lain
Sorchut pada aplikasi Blender.

No comments:

Post a Comment