Wednesday, June 8, 2011

Antisipasi Tanggap Gempa

Semua tau bahwa negara kita sekian bulan terakir menjadi buah bibir di Surat kabar nasional maupun Internasional, terkait gejolak alam yaitu Gempa bumi di Jawa dan Sumatra. Instansi maupun perorangan segera mendonasikan bantuan ke daerah-daerah bencana. ya inilah realita negara kita sekian bulan terakir. Kita yang dalam keadaan sehat dan baik-baik saja sungguh wajib bersyukur atas semua nikmat yang masih bisa kita rasakan sampai detik ini.


Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.

Jika kita menela’ah, sudah banyak para praktisi, dan pemerhati bangunan tanggap gempa sudah bekerja keras sejak puluhan tahun yang lalu. juga telah banyak buku, informasi dan petunjuk yang dikeluarkan untuk menjadi pedoman untuk mendirikan bangunan yang lebih tanggap gempa. yang menjadi masalah lagi-lagi adalah tidaklah semua kalangan dapat mengakses informasi tersebut, sehingga belum sempat dipelajari dan diaplikasikan.


Ada beberapa poin yang sangat mudah untuk kegiatan teknis antisipasi tanggap gempa:
ü  Cek kondisi struktur rangka bangunan rumah tinggal anda, jika sudah tidak layak maka sebaiknya segera menggantinya,
ü  Cek kondisi tembok dan pagar rumah tinggal anda, jika sudah tidak layak segera lakukan perbaikan,
ü  Perkuat keberadaan perabot atau furnitur yang ada dalam ruang dengan mengaitkan ke dinding menggunakan pasak, supaya tidak roboh ketika terjadi guncangan,
ü  Cek keadaan fisik rangka atap rumah tinggal anda, jika sudah tidak layak maka segeralah menggantinya,
ü  Sediakan alat pemadam kebakaran, dan P3K di rumah tinggal anda,
ü  Silahkan mencari informasi ke Departemen PU setempat untuk lebih mendetail atau berkonsultasi dengan Arsitek yang berpengalaman,
ü  mudah-mudahan bermanfaat, tetep sabar dan tegar menghadapi gejolak alam……siapkan payung sebelum hujan!

Sumber :

No comments:

Post a Comment